Penting atau Tidak kita Buat Blog?

Rabu, 14 Januari 2009

Wireless Data Network Profesional

Wireless Data Network Profesional.
Di antara teknologi tanpa kabel yang sifatnya profesional memang ada dua teknologi yang cukup besar yaitu selular & radio trunking. Teknologi selular walaupun tanpa kabel sebetulnya tidak terlalu effisien untuk digunakan untuk jaringan data. Karena pelanggan akan menduduki frekuensi selama operasi dilangsungkan. Konsep packet switching perlu diterapkan untuk menghemat resource yang ada & pelanggan hanya menduduki frekuensi pada saat dibutuhkan untuk mengirimkan data saja - yang akhirnya menjadikan biaya komunikasi data dapat ditekan murah sekali. Di samping itu, teknologi tanpa kabel akan lebih menarik lagi mengingat infrastruktur di Indonesia masih belum mencukupi. Misalnya sebagai pengganti PSTN bilamana belum ada atau sukar untuk menambah line kwalitas leased line (analog, DOV) yang masih kurang memuaskan.
Pada tingkat yang profesional teknologi Wireless Data Network bertumpu pada teknologi packet switching yang bertumpu pada jaringan radio trunking dan satelit untuk hubungan jarak jauh. Teknologi ini umumnya mempunyai kecepatan minimal 19.2Kbps, menggunakan sistem packet-switching bukan circuit-switching yang dikembangkan beberapa provider radio trunking maupun selular belakangan ini. Solusi packet switching memungkinkan untuk membangun jaringan komputer / data yang effisien & murah bagi pelanggannya. Sebagai gambaran perkiraan biaya langganan per menit adalah sekitar Rp. 50 / menit jika transmisi data dilakukan; jika tidak ada data yang di transfer maka tidak akan dilakukan charging.
Peralatan yang dibutuhkan juga relatif sederhana hanya sebuah radio modem yang harganya umumnya berkisar US$400 seperti keluaran Motorola International Inc. TCP/IP dapat dijalankan di atas jaringan ini; akan tetapi teknik Mobile-IP perlu dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan bagi pengguna yang sifatnya Mobile. Konsep ini menjadi menarik untuk pengguna yang membawa laptop dan sering sekali berjalan / mobil.